Cara menghitung pajak penghasilan

Untuk kali ini mari kita coba hitung pajak penghasilan dari seorang pegawai atau karyawan, dengan contoh soal yang sederhana saja ya.
cara menghitung pph 21
Contoh soal : Andi seorang karyawan tetap dari PT ABC, Andi dengan status menikah dan mempunyai 1 orang anak mendapatkan penghasilan sebesar 3.000.000,. setiap bulan, berapakah PPh pasal 21 yang harus di potong oleh PT ABC atas gaji yang diterima andi?

Penghitungan pasal 21

Dalam penghitungannya kita setahunkan

Penghasilan Bruto =   3.000.000 x 12 = 36.000.000
Dikurangi Biaya Jabatan (5% atau maksimal 6.000.000) = 5% X 36.000.000 = 1.800.000
dikurangi dengan PTKP (K/1) = 28.350.000 ( 24.300.000+2.025.000+2.025.000)

Penghasilan Kena Pajak = 36.000.000 - 1.800.000 - 28.350.000 = 5.850.000

PPh pasal 21 setahun = 5% x 5.850.000 = 292.500
PPh pasal 21 sebulan = 292.500 / 12 = 24.375

cukup mudah bukan, anda bisa mempelajari lebih detail aturan ini di PER-31/PJ/2012 dan lampiranya

Komentar

  1. mo nanya ni..gan
    klo penghasilan kita dalam 1th lebih kecil dari PTKP dg K2 (30.375.000)
    gimana ya perhitungan PPh 21nya?
    Thanks

    BalasHapus
  2. gak kena pajak mas johar
    salam :)

    BalasHapus
  3. Kalau punya pendapatan setahun 817.000.000, tolong gimana caranya untuk mendapatkan PPH nya.. terima kasih

    BalasHapus
  4. pekerjaan sebagai apa mas ? karyawan ? usaha sendiri ?
    pendapatan itu bersih atau kotor ?

    BalasHapus
  5. jika berkenan tolong hitungin pph saya
    - saya pegawai swasta dengan gaji kotor perbulan 5.000.000
    - saya sudah menikah dan mempunyai 2 orang anak

    BalasHapus
  6. sbg tambahan
    - istri saya hanya sebagai ibu rumah tangga saja

    BalasHapus
  7. pajak yang akan di potong oleh perusahaan bapak sbb :
    gaji setahun = 5.000.000 x 12 = 60.000.000
    dikurangi biaya jabatan 5% = 3.000.000
    dikurangi PTKP ( K/2) = 30.375.000
    Penghasilan kena pajak = 26.625.000
    pajak setahun = 5% = 1.331.250
    pajak sebulan :12 = 110.938

    pajak tsb sudah dipotong langusng oleh perusahaan bapak
    salam :)
    salam :)

    BalasHapus
  8. maria akihary31 Mei 2015 14.53

    Saya karyawan sebuah hotel, sy sdh bekerja 1 tahun 2 bln, sblmnya salary sy tdk di potong pajak, dan baru kali ini sy harus bayar Pph, dan saya harus bayar dari 5 bln yg sdh lewat ( ;an - Mei), sy dan teman2 blm punya NPWP, apakah pajak itu harus kami karyawan yg harus bayar walau blm memiliki NPWP atau pihak owner yg harus bayar, mohon penjelasannya, sebelumnya terimakasih

    BalasHapus
  9. Halo bang, kalau boleh bisa tolong hitungkan pph 21 perorangan untuk saya?
    - saya karyawan swasta dengan gaji bersih sebulan 4.75 (thp)
    - saya belum menikah

    terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  10. untuk mengetahui di poton gpajak atu tidak harus tahu dulu jumlah gaji berapa per bulan mas ? seperti contoh diatas, kalo bujangan tidak ada tanggungan penghasilan setahun dibawah PTKP 24.300.000 maka tidak kena pajak.
    sepanjang sudah diatas batas PTKP, puny atau tidak punya npwp akan di potomg pajak.
    kl punya npwp pajak 5%
    kl tidak punya npwp 6%

    salam :)

    BalasHapus
  11. Minta bantuin boleh gak mas? Aku gagal mulu ngitungnya hehe
    Penghasilan bersih sebulan 6jt, saya bujangan. Jd pph21nya kena 275rb, bener gak ya?

    BalasHapus
  12. bruto = 6 jt x 12 = 72 jt
    minus biaya jabatan 5% x 75 jt = 3.600.000
    minus PTKP 24.300.000
    pebghasilan kena pajak = 72 jt - 3.6 jt - 24,3 jt = 44.100.000
    pph terutang setahun = 5% x 44.100.000 = 2.205.000
    pph terutang sebulan = 2.205.000 / 12 = 183.750

    salam :)

    BalasHapus
  13. Bapak/Ibu saya lagi belajar pajak tahunan untuk badan tapi belum juga mengerti mohon panduannya...trimakasih

    BalasHapus
  14. tolong bantu itungin pajak saya dong mas,. saya karyawan berpenghasilan 4jt/bulan, saya punya 2 org anak dan saya sudah bercerai, brpa yah pajak yg harus saya bayar? tlong dijawab yah, trimkasih

    BalasHapus
  15. Pak, tolong bantuin punya saya dong
    Saya karyawan swasta, gaji saya tidak tetap perbulannya, rata2 3jt perbulan. Saya masih bujang belum ada tanggungan.
    Tolong bantu ya pak.

    BalasHapus
  16. saya karyawan swasta status menikah dgn 2 anak.tiap bulan saya menerima upah 2x yaitu setiap awal bulan berupa pembayaran gaji pokok dan pertengahan bulan pembayaran uang trasport & lembur (jika ada) yg saya tanyakan yg kena pph pasal 21 yg mana ? apakah keduanya atau salah satu karena keduanya dikenakan pajak dgn nominal yg berbeda dan biasanya pajak untuk uang transport bisa lebih dari 14% mohon pencerahannya.terima kasih

    BalasHapus
  17. sekilas saya melihat pajak di hitung total dari kedua penghasilan tsb,krn komponen penghasilan bruto juga termasuk uang trasport dan tunjangan lainnya. tapi pada prinsipnya pajak yang telahdi potong ini sebagai krdit pajak ( pengurang pajak di akhir tahun).

    BalasHapus
  18. Bang emang bener kalau Tunjangan Hari Raya wajib kena pajak juga ??
    Mohon penjelasannya makasih

    BalasHapus
  19. iya kena
    semua penghasilan sepanjang di atas PTKP wajib kena

    BalasHapus
  20. Hi Pak,
    Mohon penghitungannya jika :
    1. saya belum menikah
    2. Gapok per bulan 9,8 jt
    3. saya juga mesti menanggung BPJS tenaga kerja 2% dan BPJS kesehatan 0.5 %

    pajak per bulannya jadi berapa yah?

    terima kasih atas penjelasannya.

    BalasHapus
  21. Mohon dihitungkan pajak penghasilan saya kalau penghasilan saya bruto Rp. 102.052411,- saya punya tanggungan 2 anak, saya udah coba tapi salah terus.. Terimakasih

    BalasHapus
  22. Bagaimana kalau cara perhitungan pajak bonus dan the gan??

    BalasHapus
  23. Saya mau tanya gan bagaimana cara penghitungan pajak bonus dan thr pak???

    BalasHapus
  24. Kalo THR sebesar rp 1.800.000 apakah kena pajak gan,mohon bantuannya gan....

    BalasHapus
  25. Min, jadi ada perbedaan pajak ya antara karyawan yang sudah berkeluarga dengan yang belum? Kalau iya, apa yang meyebabkan seperti itu?

    BalasHapus
  26. Iya beda, aturannya memang seperti itu, silahkan lihat lebih jelas di sini www.pajakitumudah.com/2014/12/penghasilan-tidak-kena-pajak-tahun-pajak-2014.html

    BalasHapus
  27. Halo pak, saya punya usaha jasa parkiran motor. Dalam satu bulannya saya mendapatkan bisa max Rp. 6.912.675,-/bln Mei Juni atau minim Rp. 5.701.500,-/bln Januari 2015; nah saya belajar hitungnya sejak Januari 2015 - Juli 2015. Bisa bantu kasi hitungannya, biar bermanfaat bagi saya, nusa dan bangsa... Salam hormat pak, wassalam.

    BalasHapus
  28. Anda termasuk yang terkena aturan pajak PP 46 tahun 2013 dimana untuk menghitung pajak penghasilan tiap bulan adalah sebesar 1% kali omzet bulan tersebut.

    Salam :)

    BalasHapus
  29. Bang bisa tolong hitungkan pajak sy..mohon bantuannya sy pegawai swasta anak 3 gaji pokok beserta tunjangan dlm setahun 547.200.000. Menurut perhitungan abang brp pemotongan pajak sy perbulannya?trima kasih banyak bang

    BalasHapus
  30. minta nantuan hitumgam berapa pph 21 yang harus di potong dengan penghasilan 7.250.000/bulan dengan tanggungan 1 isteri dan 2 anak
    tk sebelumnya

    BalasHapus
  31. SMAS PLUS SHAFIYYATUL AMALIYYAH12 Agustus 2015 08.36

    Selamat Sore pak,
    saya mau tanya bagaimana cara menghitung PPh psl 21 tentang kegiatan Ujian Nasional Sekolah,disini tertera kalau Sekolah Negeri dikenakan PPh psl 21 sebesar 15%, bagaimana dengan Sekolah Swasta dikenakan PPh psl 21 sebesar berapa persen y pak. Terima Kasih

    BalasHapus
  32. tauhid mirhard12 Agustus 2015 13.19

    apakah tunjangan pensiun juga kena Pph 21 (tunjangan pensiun disetor oleh perusahaan ke asuransi tugu mandiri)

    BalasHapus
  33. Maaf hanya ingin sharing, bukan kah PTKP per Juli 2015 ada yg baru?
    kalo tidak salah :
    TK 36.000.000
    K/0 39.000.000
    K/1 42.000.000
    K/2 45.000.000
    K/3 48.000.000

    BalasHapus
  34. selamat siang pak.
    maaf saya mau tanya
    sya searching bukannya Biaya jabatan 5% tapi maksimalnya 500 rb. maskudnya apa ya ?

    BalasHapus
  35. pak,saya karyawan swasta..tlg kita cocokin hitungan saya bner gk?
    status (k/0)
    total bruto =rp 8.343.621
    pph 21 sebulan = rp 286.634
    tp pajak yg dipotong perusahaan ke saya sebulan = rp 523.244
    apa saya salah hitung?
    terima kasih.

    BalasHapus
  36. maksudny honor untuk pengawas ujian ?

    BalasHapus
  37. iya betul sudah ada pmk 22 /2015 :)

    BalasHapus
  38. 500 rb / bln atau 6 jt setahun

    BalasHapus
  39. Assalamualaikum....

    Kalo Saya kerja di Luar Negeri dgn penghasilan Rp.17jt per bulan tetep kena pajak apa nggak Mas ? Kalo iya bgmn menghitungnya ? Trmksh.

    Wasalamualaikum...

    BalasHapus
  40. Kalo bekerja/ karyawan di luar negeri pendapatan bruto Rp.22jt, (menikah dan punya anak 3), bgmn cara menghitungnya Mas ? Trmksh.

    BalasHapus
  41. Saya punya usaha grosir sembako, omset perbulan kurang lebih 410j dengan keuntungan rata2 5% atau kurang lebih 20-25 juta, untuk operasional (gaji karyawan, listrik, bensin, tagihan pulsa toko) kisaran 15jt, saya punya hutang bank 600jt dengan sistem bayar bunga saja, berarti saya harus memberi bunga 6jt. Penghasilan bersih saya hanya sekitar 4jt an. saya punya 4 orang anak.
    cara menghitung pajaknya bagaimana pak.?
    terimakasih atas bantuanya.

    BalasHapus
  42. pajaknya 1% dari omzet setiap bulan

    BalasHapus
  43. habis dong pak..utk bayar pajak

    1% x 400jt = 4jt

    sdgkn nett diterima 4jt

    BalasHapus
  44. Saya seorang karyawan swata berpenghasilan 6jt bruto dan mempunyai istri dan anak 1 berapa pajak yang harus saya bayar .....thanks

    BalasHapus
  45. mudah apanya, bro??? angka-angka ini: 28.350.000 ( 24.300.000+2.025.000+2.025.000) darimana, menjelaskan kok nggak rinci...

    BalasHapus
  46. browsing aja broo ,
    utk PTKP ( Penghasilan Tidak Kena Pajak ) smua ada porsi.y , nilai2 itu udah ada masing2 utk yg singel , berkluarga dan mmpunyai anak . jumlah.y beda2 ..

    BalasHapus
  47. Selamat sore pak. Mau tanya untuk perhitungan bpjs kesehatan dan ketenaga kerjaan yang dimasukkan kedalam spt 1721 apa saja ya ?
    bpjs kesehatan 4% dibayar perusahaan dan 1% dibayar karyawan
    bpjs ketenaga kerjaan iuran kecelakaan kerja 0,24%, iuran kematian 0.30%, JHT 3.7%, iuran pensiun 2% dibayar perusahaan. yang dibayar karyawan JHT 2% + iuran pensiun 1%.
    kemudian di SPT 1771 biaya JHT + pensiun dipisah dari biaya spt karyawan spt 1721 ya.
    Terima kasih atas bantuannya .
    salam yanti

    BalasHapus
  48. sarce mempunyai rmah di jl.sengol no 99 tegal.
    rmh trsebut berdiro di atas tnah seluas 700m².
    dngan luas bangunan 90m².
    pda thun 2020 harga tanah sebesar rp.1.500.000/m².
    sedangkan harga bangunan di perkirakan rp.1.750.000/m² hitunglah besar pajk bumi dan bngunan yg harus di byaf oleh carce..


    .... saya mnta rumusnya dong pak..

    BalasHapus
  49. Saya mantan karyawan di pt **** . Menurut perjanjian krja d awal ad layanan sprti bpjs dan jamsostek(sudah dirubah) dmana 4% dibayarkan perusahaan dan 1% oleh karyawan . Dan sesuai kontrak .. Saya out dari tmpat krja .. Pertanyaan saya adl apakah yg 4% tadi (selama 2 thun masa kontrak) adl hak saya juga ketika nanti dlakukan pencairan dana ( perusahaan mengatakan bisa pencairan dana dgn syarat surat referensi terkait dan min pencairan 2 bulan .. Atau hanya yg 1% saja ?
    Terima kasih atas solusinya pak

    BalasHapus
  50. Masukan aja mas bro,
    Mungkin bisa dijelasan secara ringci biar mudah untuk yg belum mengerti pajak atau bagi pemula

    Terima kasih

    BalasHapus
  51. siap ndan :)

    BalasHapus
  52. gan, numpang tanya donk.
    sy karyawan dengan gaji 4jt perbulan
    dengan tanggungan ibu per bulan 1,5jt
    dan biaya rumah tangga per bulan 2jt
    berapa pph 21 yg harus sy bayar?
    karena dari tempat sy bekerja di potong 200rb untuk byr pajak.
    terima kasih

    BalasHapus
  53. ptkp mulai tahn pajak 2015 adalh 36 juta + tanggungan 3 jt = jadi total ptkp saudara = 39 jt
    gaji = 4*12 = 48 juta - 39 juta = 9 juta
    pph terutang setahun = 5% * 9 jt = 450 rb
    pph terutang sebulan = 450 rb / 12 = 37.500 per bulan

    BalasHapus
  54. Butuh aplikasi pph 21 untuk menghitung gaji karyawan & support impor csv E-SPT PPh 21. Serta printout slip gaji & 1721 A1 karyawan dengan cepat. Support hingga 4000 karyawan. hub. 081807098075.

    BalasHapus
  55. Bang Je, minta bantuannya donk,,
    contoh pengisian pph 21 pribadi nihil gmn ya?
    cari di mbh gugel ga ketemu
    Thx before

    BalasHapus
  56. Bang Je,
    Saya karyawan kontrak dengan penghasilan 65 jt/bulan dengan K/1 berapa pajak perbulan yang harus saya bayar.

    Terima kasih.

    BalasHapus
  57. CARA menghitung deviden pph 21, misalnya deviden yg di terima 119jt

    BalasHapus
  58. numpang tanya gan, untuk badan usaha dengan penghasilan kotor kurang lebih 140jt/bulan cara hitung pajaknya gimna ya..terima kasih.

    BalasHapus
  59. saya mau menanyakan perhitungan pajak pasal 21 " Bp Dwi bekerja dari 2016 sebesar Rp 6.000.000 berkeluarga
    punya anak 2 tidak ada potongan apapun dari kantor baik .

    BalasHapus
  60. Suami ssya bingung mw byar npwp ny..punya ank 1 penghasilan rata2_perhari 50rb..bgaimna menghitung npwp ny

    BalasHapus
  61. Bagaimana menghitung pajak penghasilan dalam setahun. Jika penghasilan kena pajaknya dlm setahun itu sebesar Rp. 65.000.000,

    BalasHapus
  62. Pak, saya sebagai pelajar masih bingung mengenai perpajakan.
    Seperti soal jika T dalam tahun 2016 berpenghasilan bersih 31.000.000, berapa Pph terutang jika diketahui sudah kawin dan memiliki 3 tanggungan? Terima kasih

    BalasHapus
  63. Bagyo Subakti18 Mei 2017 15.30

    Maaf saya tanya Pak...? kalau dalam perhitungan pajak penghasilan bagi wajib pajak yang sudah menikah, anak 1 sampai 3 cara menghitungnya gimana....? makasih

    BalasHapus
  64. terimakasih banyak, informasi yang sangat bermanfaat sekali bagi mereka yang bingung untuk membayar pajak :)

    BalasHapus
  65. Kurnianto (K/2) adalah Wajib Pajak yang bergerak di bidang perdagangan besar kertas dan alat tulis kantor. Penghasilan yang diperoleh oleh Kurnianto selama tahun 2007 adalah Rp. 500.000.000. Kurnianto telah mendapat ijin untuk menghitung penghasilannya dengan menggunakan norma.
    Norma perhitungan penghasilan netto atas usaha kurnianto tersebut adalah sebesar 30%. Berikut adalah biaya-biaya yang di keluarkan Kurnianto atas usahanya tersebut:
    Jenis biaya
    >Pembelian barang dagangan Rp. 350.000.000
    >Gaji dan upah karyawan Rp. 45.000.000
    >Biaya pemasaran Rp. 15.000.000 Rp. 5.000.000
    >Biaya telepon. Listrik dan air Rp. 7.000.000 tidak ada bukti
    >Sumbangan Rp. 2.000.000
    >Biaya hp dan Voucher Rp. 1.500.000
    >Biaya penyusutan Rp. 12.500.000


    Penghasilan lain lain Rp. 5.000.000
    Biaya atas penghasilan lain lain Rp. 3.500.000
    Pertanyaan :
    *hitunglah berapa penghasilan kena pajaknya?
    *hitunglah berapa pajak yang harus dibayar oleh Kurnianto?

    BalasHapus
  66. Saya mau tanya, saya tenaga pengajar bimbel, gaji perbulan saya sebesar 3,3 juta jadi untuk pajak yg harus saya bayarkan brpa ya baik perbulan ataupun pertahunnya?

    BalasHapus
  67. selamat sore
    sy rizal.
    sy mempunyai sallary 2,5jt perbulan.
    dan mempunyai 1 istri sah + 1 anak.
    cara ngitungnya bagaimana?

    BalasHapus
  68. total gaji setahun masih dibawah PTKP sehingga tidak kena pajak penghasilan

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Pelaporan SPT Tahunan Badan 2015

Tax Amnesty periode 1 di perpanjang dengan catatan

Pembuatan SPT Tahunan Orang Pribadi Tahun 2016