Contoh Pelaporan SPT Tahunan Badan 2015

Bagi anda yang mempunyai usaha berbentuk badan hukum yang berupa CV, PT,  Yayasan dll maka di akhir bulan april 2015 ini sudah harus menyampaikan SPT Tahunan badan tahun pajak 2014, pada kesempatan kali ini pajakitumudah.com akan mencoba memberikan contoh pengisian dan pelaporan spt tahunan badan tahun 2015 ini.

contoh yang kami sajikan ini adalah contoh dalam bentuk yang sederhana, kita mulai ya :

CV Adem Ayem adalah wajib pajak yang yang sudah beroperasi komersial sejak tahun 2011, omzet pada tahun pajak sebelumnya yaitu tahun 2013 omzetnya dibawah 4.8 milyar, sehingga pada tahun pajak 2014 CV Adem Ayem ini menggunakan PP no 46 tahun 2013 sebagai dasar untuk menghitung pajak penghasilannya yaitu membayar pajak penghasilan setiap bulan yang bersifat final sebesar 1 % dari omzet setiap bulan.

Bahan yang wajib di siapkan untuk pelaporan spt tahunan badan adalah laporan keuangan ( lap rugi laba dan neraca ) dan penyusutan.

laporan laba rugi cv adem ayem

lapo9ran laba rugi badanLaporan neraca CV adem ayem

laporan neraca badanlaporan penyusutan fiskal cv adem ayem

laporan penyusutan badanlaporan rincian jumlah penghasilan dan pembayaran pph final pp 46/2013 per masa pajak dari masing-masing tempat usaha.

rincian-peredaran-bruto-badanDengan data data di atas, tolong di bantu cv adem ayem untuk membuat spt tahunan tahun pajak 2014.

Jawab :

Pertama silahkan dowload file excel di akhir tulisan ini, yg berisi formulir spt tahunan badan 1771, kemudian isikan terlebih dahulu daftar peredaran bruto selama tahun 2014 ( wp wajib pp 46 1%), kemudian isikan nilai peredaran bruto dan pajak penghasilan yang telah dibayar tadi ke lampiran 1771 IV.

lampiran-iv-1771

Kedua isikan di lampiran 1771 I dan 1771 II dengan data dari laporan keuangan wp ( neraca dan rugi laba) ,

1771-II

isi juga di lampiran khusus tarnskip 8A-2 perusahaan dagang dan jangan lupa isi juga penyusutan di lampiran khusus 1A.

untuk selengkapnya , silahkan langsung download file excel dibawah ini.

mohon maaf lama gak posting karena banyaknya kesibukan :), bagi yang ada pertanyaan silahkan di tulis di kolom komentar.

Referensi :

Spt tahunan  1771 badan Download

lampiran khusus spt tahunan 1771 badan ( penyusutan dan transkip laporan keuangan ) Download

 

Komentar

  1. Emmy Simanjuntak23 April 2015 03.16

    pagi bpk/ibu,saya mau tanya,kebetulan kita pakai PP 46,di SPT tahunan badan kalau kita punya kredit pajak pph pasal 22 tidak di laporkan lagi ya pak/bu???
    mohon infonya bpk/ibu terima kasih.

    BalasHapus
  2. silahkan dilaporakan mas emmy simanjuntak
    nanti masuk ke 1771 III
    kalo dalam contoh kasus di atas maka nanti akan terjadi LB (lebih bayar)

    salam :)

    BalasHapus
  3. Hallo mas, bila omset di kantor saya adl 3,2 milyar yg artinya kami hrs membayar 32 juta sbg pph final 1%, nah yg ingin saya tanyakan bagaimana pencatatan jurnal utk pph final tsb dlm pembukuan dan diakui sebagai biaya atau bgmn dalam laporan rugi laba ? trima kasih

    BalasHapus
  4. Pak saya coba download spt tahunan 1771 badan dan lampiran khususnya tapi tidak bisa di download.
    Mohon bantuannya pak terimakasih

    BalasHapus
  5. sore bapak, mau tanya dong kalo usaha saya baru buka bln september 2014 apakah perlu dilaporkan jg? kalo dilapor dokumen apa saja yg perlu saya siapkan? terimakasih...

    BalasHapus
  6. Di Lap keuangan fiskal pajak penghasilan tidak boleh dimasukan sebagai biaya.
    Laporan keuangan tetap seprti biasa.
    Krn bersifat final, maka atas penghasilan netto /laba yg ada sudab tidak dikenakan pajak lagi.
    Salam :)

    BalasHapus
  7. Sy sdh cb bisa donlod mbak..cb diulang lagi.

    BalasHapus
  8. Wajib lapor spanjang terdaftarnya thn 2014 kebawah, lap spt badan wajib membuat lap keuangan.
    Salam:)

    BalasHapus
  9. yusuf winarno26 April 2015 08.48

    selamat sore bapak,

    saya punya usaha sejak sept 2014 dan omset per bulan kurang lebih 900 juta sampai 1,2 M..apakah saya harus lapor pph final sebesar 1% juga?

    terimakasih

    YUSUF

    BalasHapus
  10. @yusuf
    sesuai peraturan PP NO 46 tahun 2013, bagi Wajib pajak badan yang belum beroperasi komersial selam setahun, maka pelaporan pajak menggunakan pasal 17 UU PPh.

    pointya, sepanjang omsetdiabwah 4.8 milyar maka pajak penghasilan yg harus dibayar 50% x 25% x penghasilan netto/laba . ( UU PPh NOMOR 36 TAHUN 2008 pasal 31 E)

    salam :)

    BalasHapus
  11. MAS MAU NANYA,, SAYA PUNYA CV BERGERAK DALAM BIDANG KONTAKTOR PENGADAAN BARANG DAN JASA, pENGADAAN BARANGNYA YAITU PENGADAAN ALAT KOMPUTER DI SEKOLAH-SEKOLAH, TRUS SAYA JUGA BUKA USAHA WARNET.
    JASA WARNETNYA SAYA SUDAH BAYAR 1% DARI OMSET SEDANGKAN JASA PENGADAANNYA SY SUDAH BAYAR PPN 10% DAN PPH 1,5 %,, BAGAIMANA UNTUK MELAPORKANNYA INI MAS.
    TERIMA KASIH SEBELUMNYA

    BalasHapus
  12. Pak mau tanya, untuk pembayaran pph 21 apakah diperhitungkan sama seperti pph 23 sebagai pengurang pph badan diakhir tahun?
    Terima kasih

    BalasHapus
  13. pph 1.5% itu mungkin pph pasal 22 ya ? pembelian barang oleh bendahara pemerintah
    yg jasa warnet sudah benar 1%,omzet atas jasa pengadaannya pun juga harus di bayar 1%
    nah seharusnya setelah anda membayar 1% anda bisa mengajukan surat keterangan bebas pph pasal 22, sehingga tidak perlu di potong lagi sebesar 1,5 %.

    krn sudah terlanjur maka yg harus adan lakukan :
    1. membayar pph final 1% dari omzet atas pengadaan barang dan jasa tersebut
    2. atas pph pasal 22 sebesar 1.5% bisa anda kreditkan di spt tahunan , sehingga anda bisa lebih bayar nantinya, dikembalikan uang tersebut ke anda.

    BalasHapus
  14. pph 21 itu adalah gaji karyawan yang dipotong oleh perusahaan, jadi itu bukan uang perusahaan sehingga tidak boleh diperhitungkan di kahir tahun oleh perusahaan tsb

    BalasHapus
  15. Bapak, saya punya cv di buat pada bulan desember thn 2014, namun sampai saat ini saya belum pernah melakukan pelaporan apapun k kantor pajak. Apakah saya harus lapor pak? Dan apakah saya dikenakan sanksi pak? Mohon bantuannya pak

    BalasHapus
  16. iya pak, harus buat laporan, untuk denda secara aturannya memang dikenakan , tetapi jangan kuatir ada mekanisme penghapusan sanksi lewat PMK 91 (sunset policy)

    BalasHapus
  17. pas klw laporan pajak tahunan..bulan juni msh bisa ngga!!!

    BalasHapus
  18. Mas... dgn omset 3.5M. tpi di R/L perusahaan mengalami kerugian.(253jt)
    Apakah harus byar yang 1%. tx

    BalasHapus
  19. terdaftar tahun brp pak ?
    sepanjang masih dalam 1 tahun sejak usaha komersial berjalan ..tidak kena pajak,,,
    tapi jika sudah lebih dari 1 thn sejak masa komersial ,,maka bayar 1%

    BalasHapus
  20. Siang pak... klo usaha berdiri thn 2012 dan tahun 2014 baru komersial...untuk laporan spt tahunan bdn 2014 sy pakai pasal 25 atau 1% pak?

    BalasHapus
  21. pak kalau lapor SPT tahunan badan di bulan juni tapi pph 25 nya belum kita bayar , pake tarif 1 % juga kah ? tx

    BalasHapus
  22. sri suharningsih30 Juni 2015 02.01

    Aslmkm..sy mau laporkan spt tahunan sekolah taman kanak kanak dan spt masa pph 21. Sampai saat ini saya blm tau cara pengisiannya .tereus terang agak rumit. Taman kanak kanak yg saya kelola sll nihil. Nagaimana ua pak...adakah contoh pengisiannya? Terima kasih

    BalasHapus
  23. untuk wp badan yang sudah beroperasi komersial lebih dari 1 tahun untuk mengetahui pakai tarif pasal 17 ( pph pasal 25 ) atau 1% di liat omzet tahun sebelumnya.
    salam :)

    BalasHapus
  24. wa'alaikumsalam ...laporan spt tahunan yang harus ada adalah laporan keuangan, ( rugi laba dan neraca)
    kalo nihil lebih mudah lagi tinggal isi yang bagian laporan keuangan dan data pengurus saja
    yang lainnya tulis 0 saja

    BalasHapus
  25. andre siswanto7 Juli 2015 04.32

    Assallamua'laikum.. saya mendirikan cv. Bln sept 2014 belum ada pelaporan samoai sekarang karena blm ada transaksi kecuali dari jasa boga. Apakah yg hrs saya laporkan dan apakah hrs membuat spt tahunan?

    BalasHapus
  26. Maaf mau tanya, untuk pengisian lembar pertama SPT Tahunan saya masih binggung, saya sudah buat neraca, laporan laba rugi, dan sebagainya, untuk pengisian pada lembar pertama penghasilan kena pajak, pph terutang, kredit pajak, pph kurang/ lebih bayar cara pengisiannya bagaimana ya, mohon bantuannya.

    terima kasih...

    BalasHapus
  27. Terima Kasih ya Bang_Je udah mau sharing info SPT Tahunannya :D

    BalasHapus
  28. Dear Bang Je,
    saya memberikan jasa konsultasi IT ke PGN tahun 2012 sbg wajib pajak pribadi, telah dipotong pph 23 oleh PGN sebesar 2.5 %. nilai project tahun 2012 itu 100 juta rupiah. Pendapatan seperti ini apakah bisa dikategorikan sebagai pph 21?

    Karena 3 bulan lalu, saya dapat surat dari kantor pajak yang menyatakan bahwa saya belum melaporkan dan membayar pajak atas 100 juta tersebut. Setelah saya datangi kantor nya, saya dikenakan pajak 15% / 15 juta rupiah. Apakah bisa jasa konsultasi itu dianggap sebagai omzet di bawah 4.8 milyar dan saya hanya dikenakan pajak 1% bukan 15%?

    Terima kasih banyak atas infonya Bang Je. Selamat Hari Raya...

    BalasHapus
  29. pph pasal 23 sebesar Tarif 2% dari jumlah bruto atas imbalan jasa teknik, jasa manajemen, jasa konstruksi dan jasa konsultan.

    jadi pph pasal 23 bapak atas jasa konsultasi dikenakan 2% x 100 juta = 2 juta, ini bersifat tidak final dan sudah di potong dan dibayarkan oleh PGN,sehingga di akhir tahun bisa dikreditkan sebagai pengurang pajak penghasilan.

    jasa konsultan termasuk yang dikecualikan dari PP no 46 tahun 2013, sehingga pengenaan pajak penghasilan menggunakan tarif umum ( pasal 17 uu PPh )
    yaitu penghasilan netto minus PTKP(penghasilan kena pajak) minus pph pasal 23 kemudian dikalikan tarif pasal 17. ( dan juga kejadian proyek tsb adalah tahun 2012 sehingga aturan pp 46 tahun 2013 jg belum berlaku ).

    anggap saja misal pak vic dalam kurun waktu 2012 hanya mendapatkan projek 100 juta tersebut, maka penghitungan pajak penghasilan akhir tahun :

    Penghasilan netto di cari dulu ( bisa pakai pembukuan atau norma penghitungan http://www.pajak.go.id/content/norma-penghitungan ) , anggap saja menggunakan norma penghitungan 55%

    maka penghasilan netto 55% x 100 juta = 55 juta
    dikurangi PTKP (misal bujangan ) = 15.840.000
    dikurnagi pph pasal 23 = 2.000.000
    penghasilan kena pajak = 37.160.000
    PAJAK YG HARUS DIBAYAR DI AKHIR TAHUN 5% X 37.160.000 =1.858.000

    SALAM :)

    BalasHapus
  30. Pa, saya mau tanya perusahaan saya berdiri thn 2014 dan sudah ada transaksi tapi belum mempunyai NPWP, dan pas thn 2015 akhirnya kami buat NPWP yg mau saya tanyakan, apakah saya harus buat laporan SPT thn 2014 atau tidak? saya pernah tanya AR pajak katanya suruh buat pas saya buat laporan SPT dengan nilai nihil ditolak pa katanya harus ada laporan Neraca dan Rugi Laba, sedangan thn 2014 saya belum terbitkan Faktur pajak dan blm ada NPWP, Mohon kiranya bpk bisa bantu untuk informasinya, terima kasih.

    BalasHapus
  31. saat mulai laporan spt tahunan adalah saat tahun terdaftarnya,kalo terdaftar 2015 maka baru wajib laporan spt tahunan tahun pajak 2015 yang di laporkan setelah tahun pajak berakhir ( mulai lapor 1 jnuari 2016 s.d 30 april 2016)

    salam :)

    BalasHapus
  32. Pak mau tanya, kalau perusahaan kita yg bergerak di jasa sewa alat berat setiap ada proj. dari client kita selalu lapor PPN 10% kalau untuk PPH kita harus lapor juga atau gimana pak prosedurnya? Dan kalau lapor pph yg berapa%? Mohon pencerahannya pak.
    Terima kasih.

    BalasHapus
  33. numpang nanya pak, . . .
    saya punya perusahaan yg brgerak di bidang kontruksi dan udah gak berjalan selama 2 tahun, . . . .
    sekarang sya sudah hidupin lagi semua izin dll....
    nah skrng saya mau laporkan pajak tahunan nya itu gmana pak???

    sedangkan kegiatan tidak ada selama 1 tahun itu pak? mohon bantuannya

    BalasHapus
  34. selamat siang pak,
    mohon pencerahan, saya mendirikan cv pada januari 2011. hingga sampai detik ini belum melaporkan. masalahnya, dari berdiri sampai detik ini, cv saya tidak melakukan kegiatan usaha apapun. jadi apa yang harus saya laporkan ke KPP?dan apa saja yang saya butuhkan untuk laporan?juga bagaimana mengisi form1771 yang tebal itu???
    terima kasih banyak pak, semoga ALLAH SWT membalas kebaikan bapak.

    BalasHapus
  35. selamat sore,,
    mohon dibantu, sy mendirikan cv. sejak 10th yll (dan tidak pernah aktif). Baru di bulan juli kemarin saya aktifkan kembali (termasuk SIUP,TDP,HO)sekaligus PKP(krn ada pekerjaan dg bendahara pemerintahan) saat ini dlm proses pengerjaan proyek. yang mau saya tanyakan,,
    - apa saja yg harus dilaporkan tiap bulan (SKT=pph25,29,PPh Final & psl4(2),15,19,21,23,26,PPN)
    (selama ini belum ada kegiatan/NIHIL),,,,,,,,,,,,,dg Form nomor brp aja ?
    - untuk keperluan pelaporan PPN Online(katanya WAJIB sekarang) dibutuhkan Sertifikat Elektronik.
    sedangkan syaratnya hrs dg Laporan Pajak Tahunan (pdhl baru aja mau jalan)
    Bangimana sebaiknya ? Apa yg harus saya kerjakan,,
    termakasih sebelumnya.

    BalasHapus
  36. yang wajib tiap bulan
    1. lapor ssp pph masa pasal 25 nihil
    2. lapor spt pph masa pasal 21
    yang wajib tahunan
    1. spt tahunan pph badan nihil

    selesai.. salam :)

    BalasHapus
  37. Sya mw tnya,kla biaya penyusutan/admin itu apa ya?
    Thank before

    BalasHapus
  38. Assalamualaikum...

    Mohon pencerahannya pak, pada 2013 perusahaan saya memperoleh laba sebesar 60.557.830. Apakah laba ini bisa saya masukan sebagai modal pada neraca 2014. Seandainya bisa, pada lampiran 8A-2 saya harus masukan dikolom mana, modal saham atau agio saham (tambahan modal disetor)?

    Terima kasih

    BalasHapus
  39. Ass bang jay, inti'y spt tahunan itu 1% dr penghasilan netto. Bener gak?

    BalasHapus
  40. Bang Je,

    Mohon informasinya saya masih sangat bingung dengan pajak karena bener-bener pemula sekali. Perusahaan yang saya kerja ini secara legal berdiri tahun 2014 hanya secara komersial baru aktif di mei 2015. dan baru terdaftar menjadi PKP di juli 2015. Nah pertanyaan saya
    1. Untuk pelaporan rutin yang harus saya laporan setiap bulan apa saja yah.
    2. Agustus ini ada 2 invoice yang sudah saya terbitkan dengan efaktur nah itu lapor seperti apa dan pasal berapa kah
    3. sampai dengan september ini saya belum melamporkan apa-apa ke kantor pajak termasuk pemotongan pph pegawai karena bingung formatnya seperti apa. karena tanya kepihak AR justru tidak membantu dan bikin bingung


    maaf kepanjangan dan terima kasih banyak untuk segala informasi serta ilmu semoga di berkahi selalu hidupnya. Amin

    BalasHapus
  41. saya mau tanya kalau omzet dibawah 4,8M dlm tahun 2014 berarti tiap bulan bayar pajak 1%? dan apa masih bayar badan apabila perusahaan laba ?
    mohon diberi pencerahan


    terima kasih



    yani

    BalasHapus
  42. Sy mau tanya pa Kantor sy berdiri april 2013 tiap bln sy byr nihil utk pph 25 smpe 2014 setelah 2014 sy bayar pph final pasal 4 ayat 2 1% tp sy blm lapor spt tahunan 2013 bagaimana fotmat dan formulir lapor nya pa mksh

    BalasHapus
  43. artikel bermanfaat bagi yang membutuhkan.....thanks

    BalasHapus
  44. gan fithriyani
    untuk laporan pajak tahunan silahkan isi seperti yang agan posting ini ....lalu siapkan beberapa dokument yang diperlukan:
    termasuk SSP ( surat setor pajak) arsipkan ssp bila nanti diperlukan dan ditanyakan.buat neraca laba rugi .
    lalu datang ke KP biasanya ada yang mandu kok tiap kecamatan ada petugasnya.
    tanya dipajak sampai puas dan kl masih bingung harus datang berulangkali tanya mana yang belum faham ,insya allah lama-kelamaan juga jadi pakar pajak nanti.....

    BalasHapus
  45. maaf pa gmn cara pelaporan spt tahunan utk pt yg kena potong pph 23 2% ya. mksh

    BalasHapus
  46. Bisa bantuin buatin laba rugi gak,, bingung buatnya

    BalasHapus
  47. Mau tanya , bagaimana cara mengisi lampiran khusus terkait dengan kompensasi kerugian fiskal untuk SPT tahun 2015.
    Terima Kasih.

    BalasHapus
  48. Bisa saya bantu.....

    BalasHapus
  49. Pakai tarif 25 %, PPh pasal 23 yang telah dipotong dapat di jadikan kredit pajak.

    BalasHapus
  50. Pak, jika potongan PPh 23 2% atas Jasa Labour/tenaga ahli apa bisa sebagai kredit pajak juga di SPT Tahunan? tq

    BalasHapus
  51. Bisa, pph pasal 22 ,23 termasuk kredit pajak

    BalasHapus
  52. Mau tanya, kalau yayasan nirlaba apakah harus tetap wajib lapor pajak Tahunan? dan kalau selama periode setahun tidak ada profit dari kegiatan usahanya bagaimana membuat laporannya? Mohon tolong bantuannya.. :) Terima kasih

    BalasHapus
  53. Mass trims sebelumnya, jadi lamporan yg paling pertama itu ga usah diisi ya mas,

    BalasHapus
  54. tetap lapor walaupun persh nirlaba.
    lapor nihil

    BalasHapus
  55. bagaimana cara membuat laporan laba rugi dikolom HPP yaa bingung niee ??????

    BalasHapus
  56. terima kasih sudah berbagi..sangat bermanfaat

    BalasHapus
  57. Hpp : persediaan awal + pembelian - persediaan akhir

    BalasHapus
  58. Selamat siang...
    Saya mau bertanya, jika mau lapor pajak tahunan tapi SSP nya tidak lengkap (baik itu pph dan ppn) dikarenakan pengarsipan dari lembaga yang mengunakan jasa kita yang tidak baik, bagaimana pak?
    Mohon arahannya....
    Terimakasih pak..

    BalasHapus
  59. Kantor pajak sebenarnya sudah bisa melihat pembayaran pajak dr bank/kantor pos krn sudah online,cb konsultasi dengan ar di kpp terdaftar.

    BalasHapus
  60. Terima kasih sungguh sangat membantu

    BalasHapus
  61. Ass Wr Wb Bang Je,
    Saya TK/0 adalah direktur perusahaan komanditer (CV). Modal 100% milik Sekutu aktif (saya).
    Total omzet tahun 2014 adalah 200jutaan PP46/2013 1% telah dibayar lunas.
    Laporan pajak 2014 yang telah kami buat adalah :
    • SPT Tahunan Badan formulir 1771 untuk CV Prima
    • SPT Tahunan Orang Pribadi 1770S dengan lampiran harta sama dengan lampiran aktiva CV Prima.

    Pertanyaan :
    1. Bagaimana cara mengisi SPT Orang Pribadi 1770S tentang kolom harta, karena harta saya adalah harta yang ada di CV Prima.
    2. Jika tahun 2015 saya bekerja kembali sebagai karyawan di perusahaan lain dan mendapat bukti potong 1721A1, apakah penghasilan saya dari gaji menambah harta CV Prima atau SPT OP 1770S?
    3. Apakah ada contoh pembuatan SPT Orang Pribadi 1770S kolom harta yang berhubungan dengan aktiva SPT Badan 1771 berbentuk CV?
    4. Apakah formulir 1770S yang saya gunakan sudah benar?
    5. Sekutu Pasif tidak menyetorkan modal hanya sebatas nama untuk tanda tangan di bank karena tanda tangan saya sering tidak sama dengsn specimen.
    6. Apakah Status SEKUTU PASIF dalam 1771-V bagian B harus dimasukkan dalam kelompok harta dalam pelaporan SPT Tahunan 1770S milik sekutu pasif (meskipun tidak ada modal yang disetor)?

    Mohon dibantu ya Mas, terimakasih.
    Wasalam,
    Suryani

    BalasHapus
  62. Thanks a lot

    BalasHapus
  63. http://nasikhudinisme.com/2015/07/08/memahami-aspek-perpajakan-pada-badan-usaha-berbentuk-cv/

    Sy sarankan ibu membaca artikel tsb dahulu.

    Mnrt pndapat pribadi sy, Harta pribadi yang boleh diakui sebagai asset cv adalah yang dituangkan dalam penyertaan modal (tertuang dalam akta pendirian), Itu yg boleh diakui sebagai asset cv. Jika di tengah perjalanan ingin mengalihkan harta pribadi menjadi asset cv harus melalui perubahan akte pendirian , sehingg akun harta di direktur cv menjadi penyertaan modal.
    Misal harta pribadi sebelumnya
    Tabungan : 10.000.000
    Ingin dipindahkan ke cv sebesar 2.500.000, maka nanti harta op menjadi
    Tabungan : 7.500.000
    Penyertaan modal : 2.500.000
    Entitas harta direktur cv dan asset cv adalah terpisah.

    Cb tanyakan ke kpp terdekat atau 1500200 kring pajak

    BalasHapus
  64. apakah kalo cv belum beroperasi tetep harus bikin spt tahunan ya om

    BalasHapus
  65. Iya tetap laporan

    BalasHapus
  66. chandra p. adhi17 Februari 2016 02.59

    selamat siang Bang_Je says
    saya mau tanya, saya baru saja menangani pajak, apa syarat-syarat yang harus dibawa saat pelaporan spt tahunan badan di kpp
    mohon penjelasan nya, terimakasiiiih.....

    BalasHapus
  67. chandra p. adhi17 Februari 2016 03.04

    selamat siang Bang_Je says
    saya mau tanya, saya kan baru menangani pajak tahun ini, apa syarat-syarat yang harus dibawa/dilampirkan spt tahunan badan untuk dilaporkan ke kpp
    mohon arahan nya, terimakasiiih....

    BalasHapus
  68. lap keuangan (rugi laba,neraca)
    penyusutan

    BalasHapus
  69. assalamualaikum..
    bagaimana cara pengisian laporan spt tahunan untuk koperasi,? minta tlg dijelaskan karena banyak sekali kolom yang harus di isi...
    terima kasih

    BalasHapus
  70. Sebenarnya sama saja pak, patokan mengisi spt tahunan badan harus ada lap keuangan

    :)

    Utk panduan pengisian yg lebih detik silahkan datang ke kpp terdaftar ke bagian help desk

    BalasHapus
  71. Salam,

    Saya berkerja di salah satu CV dan akan lapor pajak tahunan .. Untuk lampiran Penyusutan Aktiva Tetap angka yg mana yg di gunakan sementara di kolom Fixed Assets saya sudah ada Depresiasi, Accm Depr 2015, dan Net Book Value 2015 ?
    Apakah perlu dihitung ulang atau bagaimana ? Saya masih bingung, mohon arahannya .. Terimakasih ..

    BalasHapus
  72. Pak,saya mo tanya ini, CV saya baru berdiri (1 bulan berjalan) untuk laporan keuangannya sendiri masih terhitung rugi.Untuk laporannya keuangannya apa harus dilampirkan atau gimana.

    Saya masih sangat awam untuk pembuatan SPT ini.
    Terimakasih untuk responnya.

    BalasHapus
  73. Salam,

    Saya mau tanya, saya mau laporan SPT tahunan badan, tapi tidak pernah laporan pph karena tidak tahu bahwa laporan pph itu harus dan sperti apa, jadi hanya laporan ppn saja. pertanyaannya apakah hal itu berpengaruh pada perhitungan di dalam laporan SPT tahunan? lalu bagaimana saya harus menyusun laporan SPT nya? tolong di bantu.


    Terimakasih sebelumnya.

    BalasHapus
  74. terdaftar tahun berapa ?
    kalo baru sebulan berarti terdaftar di tahun 2016 ya, jadi gak ada kewajiban lapor tahunan tahun pajak 2015
    yg wajib laporan bulanan pph pasal 21 dan 25 saja.
    cb baca artikel saya kewajiban perpajakan untuk wp badan di sini http://pajakitumudah.com/2015/05/kewajiban-perpajakan-bagi-wajib-pajak-badan.html

    BalasHapus
  75. laporan spt tahunan pph badan wajib laporan juga
    omzet pph harus sama dengan omzet ppn
    coba baca artikel ini http://pajakitumudah.com/2015/05/kewajiban-perpajakan-bagi-wajib-pajak-badan.html
    salam :)

    BalasHapus
  76. Hi..mau nanya pak, cv baru dikukuhkan pertengahan 2015, ttp sebagian aset sdh dibeli thn seblmny, apakah boleh diakui nilai penyusutan dr thn sblmny di spt badan 2015? Cv jg mempunyai pinjaman kpd pihak lain tanpa bunga, apa diharuskan utk mengisi hutang afiliasi di ĺampiran 1771 ato tdk perlu? Mohon penjlsanny, thanks sblmny

    BalasHapus
  77. Salam..

    Pak saya mau tanya,bagaimana utk perusahaan yg yg didirikan 6tahun lalu sudah memiliki NPWP tapi utk SPT dll tidak pernah dibayar/dilaporkan,alasannya karena tidak mengerti ttg laporan perpajakan (karena tidak memiliki orang keuangan) dan utk omsetnya perusahaan kategori rugi.Dan selama mengeluarkan tagihan tidak pernah ditarik PPN/PPH.
    Lantas utk tahun ini perusahaan ingin melaporkan SPT.kira2 apa yg perlu dipersiapkan?mohon bantuannya karena perusahaan sangat awam mengenai pajak.

    BalasHapus
  78. cara membuat laporan tahunan pajak online gmna caranya

    BalasHapus
  79. laporan keuangan pastinya dan untuk spt tahunan tahun pajak yang lalu juga perlu dilaporkan , silahakn hub help desk di kpp terdaftar anda untuk keterangan lebih jelas agar dipandu cara mengisinya

    BalasHapus
  80. lewat https://djponline.pajak.go.id

    BalasHapus
  81. saya butuh propsal laopran pajak tahunan karena saya dapat teguran dari pajak tentang laporan tahunan dan saya harus bagai mana

    BalasHapus
  82. mf,saya mau tanya bagaimana cara membuat penyusutan?

    BalasHapus
  83. silahkan pertanyaannya apa :)

    BalasHapus
  84. lapor spt tahunan

    BalasHapus
  85. bambang hartanto11 Maret 2016 05.25

    saya mau tanya, kalau badan Perseroan terbatas apakah juga membayar pph 21 final ? biarpun omzetnya masih kecil ( dibawah 5 M setahun ) ?

    BalasHapus
  86. khilman yutsab15 Maret 2016 02.23

    saya mau tanya, kalau badan cv usahanya maklon konveksi pengisian spt tahunan selain form 1771- IV, form apalagi? trmksh

    BalasHapus
  87. Anita Gunawan16 Maret 2016 02.03

    Pak,saya sdh lapor spt masa pph ps 4 ayat 2 atas sewa ruko.Saya sebagai pemotong.
    Apakah saya harus lapor lgi di spt tahunan badan 2015??
    kalo "ya" dibagian mana?

    BalasHapus
  88. pph 21 final apa contohnya ?

    BalasHapus
  89. Mau tnya untuk PT baru beroperasi kurang lebih 4 bulan apakah boleh menyampaikan spt tahunan badan dengan form excel ini atau harus pakai e-spt? Terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  90. boleh manual, sepanjang belum pernah menggunakan aplikasi e faktur/espt lainnya

    BalasHapus
  91. Salam. mohon pencerahannya.pak.
    pada tahun 2013 kami dikenakan PP. 46 karena peredaran usaha setelah dikurangi omzet yang final dibawah 4.8m, Tahun 2014 peredaran usaha lebih dari 5 M, karena tahun lalu (2013) memakai acuan PP. 46 maka tahun 2014 kami di kenai perlakuan sama thn 2013. (PP. 46)
    sedangkan ada PPh ps 23 tahun 2014 yang kami belum masukkan laporan pada tahun tersebut.
    Pertanyaan
    1. Apakah kami harus membuat laporan pembetulan mengenai pajak masukan PPh ps 23 dalam laporan spt tahun 2014
    2. Atau kami buat spt tahun 2015 sekaligus dimasukkan PPh. ps 23 tahun 2014 tersebut
    3. Peredaran usaha kami tahun 2015 lebih dari 5M, apakah kami harus mengikuti PP. 46 atau perhitungan biasa karena omzet usaha lebih dari 4.8m
    Demikian mohon pencerahan dan penjelasannya..
    Salam

    BalasHapus
  92. 1. tidak harus, pasal 23 merupakan hak wajib pajak sebagai pengurang pajak, krn merupakan hak, boleh saja wajib pajak tidak melaporkan bukti potong tersebut agar tidak menjadi lebih bayar misalnya.
    2. pph pasal 23 yg dipotong di tahun pajak 2014 hanya bisa dilaporka di tahun pajak yang sama, tidak bisa lintas tahun ke 2015.
    3. uyang menjadi patokan adalah omzet non final tahun sebelumnya, jadi kalo tahun 2014 omzet non final sudah diatas4 4,8 milyar, maka tahun 2015 wajib memakai tarif umum pajak peghasilan bukan 1% lagi

    salam :)

    BalasHapus
  93. novita sinaga25 Maret 2016 18.19

    Mau nanya
    Saya sudah dpt laporan keuangan buat lapor pajak tahunan
    Dan gaji saya juga sudah di potong pph
    Tpi dilaporan keuangan itu no npwp saya gk dha
    0000000 smua
    Smentara saya sdah punya npwp tpi blum lapor nomornya ketempat saya bekeerja sekarang.
    Jdi gmna itu apakah saya tetap lapor pajak.????
    Sementara dilaporan keungn gk dha no npwp saya
    Mksih

    BalasHapus
  94. novita sinaga26 Maret 2016 03.14

    Mau nanya
    Saya sudah dpt laporan keuangan buat lapor pajak tahunan
    Dan gaji saya juga sudah di potong pph
    Tpi dilaporan keuangan itu no npwp saya gk dha
    0000000 smua
    Smentara saya sdah punya npwp tpi blum lapor nomornya ketempat saya bekeerja sekarang.
    Jdi gmna itu apakah saya tetap lapor pajak.????
    Sementara dilaporan keungn gk dha no npwp saya
    Mksih

    BalasHapus
  95. novita sinaga26 Maret 2016 03.17

    Mau nanya
    Saya sudah dpt laporan keuangan buat lapor pajak tahunan
    Dan gaji saya juga sudah di potong pph
    Tpi dilaporan keuangan itu no npwp saya gk dha
    0000000 smua
    Smentara saya sdah punya npwp tpi blum lapor nomornya ketempat saya bekeerja sekarang.
    Jdi gmna itu apakah saya tetap lapor pajak.????
    Sementara dilaporan keungn gk dha no npwp saya
    Mksih

    BalasHapus
  96. Selamat siang Pak,
    Sy ingin menanyakan, apakah PPh badan bisa di cicil pembayarannya,
    Terima kasih atas pencerahannya

    BalasHapus
  97. terima kasih info sptnya, siap melaporkan pajak tahunan kantor kami...

    BalasHapus
  98. ingat teman2, batas waktu sampai akhir bulan april yah... :)

    BalasHapus
  99. muhammad rizqi1 April 2016 03.55

    siang semua,
    mau tanya nih, saya baru kali ini mau lapor SPT Tahunan Badan, dan di minta lapor via e SPT, kalau selama 1 tahun ini tidak ada transaksi (NIHIL) pengisian nya bagaimana yah ? mohon pencerahannya, karna baru pertama kali mengurus spt tahunan.
    terima kasih sebelum nya

    BalasHapus
  100. met sore..

    mau tanya,,kalau pembetulan SPT tahuan pph badan itu jurnalnya masuk kmna yah di laporan keuangannya..??
    apakah masuk ke LABA (RUGI) DITAHAN yg akan masuk ke neraca mengurang atau menambah laba tahun sebelumnya,ataukah di PPH Pasal 25/29??

    Terimakasih

    BalasHapus
  101. saya mau nayak, saya punya proyek dari PLN DPPnya = 20.000.000, PPh 23 2% = 20.000.000X2%= 400.000
    apakah pph 23 yg sebesar 2% itu masuk k laporan laba rugi atau tidak?.

    BalasHapus
  102. saya mau tanya

    cara input daftar penghasilan bruto dan pembayaran Pph final berdasarkan PP 46 tahun 2013 per masa pajak pada E-SPT Badan gimana ya ???

    terimakasih

    BalasHapus
  103. Terdaftar thn brp? Kl thn 2016 ya blm wajib lapor

    BalasHapus
  104. Terdaftar thn brp? Kl thn 2016 ya blm wajib lapor

    BalasHapus
  105. Gak, itu nanti sebagai kredit pajak

    BalasHapus
  106. Siang Pak, saya mau tanya kalau cv baru berdiri di oktober ada penjualan di bulan desember, untuk spt tahunannya lapornya seperti apa ya

    BalasHapus
  107. Utk 1 thn pertama sejak beroperasi secara komersial (ada penjualan) menggunakan tarif umum pajak penghasilan, yaitu tarif x laba bersih, dalm hal omzet dibawah 4.8 m setahub, maka pajak penghasilan : tarif 12,5% x laba bersih

    BalasHapus
  108. pagi pak,
    sya mau tanya pak, untuk cv pada bidang jasa yg terdftar pada bulan oktober, tetapi ad omzet hnya 3 bulan terakhir. untuk laporan pph badan tahunan bagaimana pak?
    terimakasih sebelumnya..

    BalasHapus
  109. pagi pak..
    untuk pasal 23 atas penyalur dikenakan 2 % .. sedang kan omzet kita dibawa 4,8 m menurut pasal 4 (2 ) dikenakan 1 % bagaiman pak.. apakah spt tahunankita jadi lebih bayar mohon pencerahannya.. terima kasih

    BalasHapus
  110. pagi,
    mau tanya Pak.

    Saya punya usaha di bidang pengadaan barang. tahun 2014 baru berjalan dan omsetnya dibawah 4,8M.
    lalu 2015 omesetnya juga sama dibawah 4,8M.
    Lalu dari transaksi dengan pemerintah tsb saya dipotong PPh 22 1,5%.
    yang ingin saya tanyakan :
    1. Apakah saya harus menyetorkan PPh final (1%) atas transaksi yang terjadi di 2015?
    2. Bila lebih bayar apa yang harus dilakukan?
    3. Pengisian di SPT 1771 bagian induk untuk PPh Final 1% itu ada dimana y?

    terima kasih

    BalasHapus
  111. Mau tanya pak. Apakah benar pajak itu ditentukan 10 persen dari peredaran usaha. Pph spt.

    BalasHapus
  112. Mohon info,

    Usaha saya sudah berjalan dari akhir 2014, tetapi memang dari 2014 kami belum pernah membayar pajak CV kami karena tidak tahu bagaimana cara membayarkan pajaknya. Usaha kami memiliki omzet dibawah 4,8M.
    Pada Maret kemarin, pihak pajak menanyakan pada kami tentang pembayaran pajak kami.
    Berkas apa saja yang perlu kami isi dan kami siapkan?
    Untuk laporan pajak 2014 apakah menggunakan pembayaran pajak penghasilan : tarif 12,5% x laba bersih atau menggunakan 1% dari omzet?

    Terima kasih.

    BalasHapus
  113. mau nanya nih mas sma yang berpengalaman, saya llusan baru yang bekerja diperusahaan yang terkena pp 46 pajak 1%, nah saya masih bgung utk cara lapor SPT tahunan, bingung saya pada laporan keuangan yang digunakan untuk lapor, saya nanya = Laporan keuangan yang dimaksud itu apa ya?apakah laporan keuangan bulanan bgtu? terima kasih..:)))

    BalasHapus
  114. slamat siang saya mau tanya, saya input data di Espt pada Form III (kredit pajak dalam negeri) setelah di cetak kok beda dengan tampilan depan untuk nilai pph yang di potong dengan hasil CETAK ? kenapa ya?

    BalasHapus
  115. Mau tanya pak, resort kami baru berdiri Juni 2015, dan baru beroperasi September 2015. SPT tahunan yang harus saya buat ikut pasal berapa ya, baru pertama kali diminta buat SPT Tahunan. Mohon bantuannya pak mengingat waktu tinggal sedikit lagi. (akunting keluar Februari dan saya masuk pertengahan Maret). Terima kasih.

    BalasHapus
  116. apakah pelaporan spt tahunan sekarang harus managernya yang melapor ke kantor pajak. padahal dahulu tidak harus manager. apakah itu aturan baru pak???? mohon penjelasannya....

    BalasHapus
  117. Info Konsultasi Perpajakan Hubungi :
    0812.8566.4336 (konsultan pajak)
    Melayani Jabodetabek
    Terimakasih.

    BalasHapus
  118. Mau tanya pak utk

    BalasHapus
  119. Mau tanya pak...kalau spt badan untuk hitungannya kita setor ke kantor pajak bagaimana yaa...?

    BalasHapus
  120. Tahun 2013 pak

    BalasHapus
  121. Mau tanya pak perusahaan tahun 2013 trus cara menghitung pajak tahunan yg harus di setor ke pajak bgmn hitung hitungannya atau peranannya?

    BalasHapus
  122. klo dithn 2012 dan 2013 tidak ada kegiatan usaha apakah mesti wajib lapor pph badannya?

    BalasHapus
  123. saya mau tanya

    kalau perusahaan terdaftar 2014, mau lapor pajak tahunan 2015, cara input daftar penghasilan bruto dan pembayaran Pph final berdasarkan PP 46 tahun 2013 per masa pajak pada E-SPT Badan bagaimana ya ?karena infonya harus menggunakan E-SPT...

    mohon bantuannya...

    terimakasih

    BalasHapus
  124. Bagaimana Cara membuat laba rugi dan neraca Jika CV bergerak dibidang Agen asuransi atau insurance consultant ? Bagaimana pengisian form pajak ?

    BalasHapus
  125. Broker Terbaik – Dapatkan Banyak Kelebihan Trading Bersama FBS,bergabung sekarang juga dengan kami
    trading forex fbsindonesia.co.id
    -----------------
    Kelebihan Broker Forex FBS
    1. FBS MEMBERIKAN BONUS DEPOSIT HINGGA 100% SETIAP DEPOSIT ANDA
    2. SPREAD DIMULAI DARI 0 Dan
    3. DEPOSIT DAN PENARIKAN DANA MELALUI BANK LOKAL Indonesia dan banyak lagi yang lainya

    Buka akun anda di fbsindonesia.co.id
    -----------------
    Jika membutuhkan bantuan hubungi kami melalui :
    Tlp : 082276603391
    BBM : 5364257D

    BalasHapus
  126. yunika jumaidi17 Januari 2017 01.26

    pak, kalo cv nya baru berdiri tahun 2016 trus laporan nya nihil semua, berarti di neraca nya juga ikutan nihil kan pak?

    BalasHapus
  127. wajib lapor bu walaupun nihil....

    BalasHapus
  128. untuk forn pp 46 print pake manual aja

    BalasHapus
  129. koreksi tuh pak ..

    PPh Final berdasarkan PP 46 Tahun 2014 ??
    harusnya kan PPh Final berdasarkan PP 46 tahun 2013

    BalasHapus
  130. selamat sore, mau tanya pak untuk penghitungan pajak awal terhitungnya dari tanggal terdaftar administrasi atau full di kegiatan usaha selama 1 tahun. jika badan terdaftar secara administrasi di pertengahan tahun?

    BalasHapus
  131. kalau untuk yang perusahaan jasa formatnya juga begini ya ?
    saya bingung pas tanya ke kantor pajak, katanya sebelum isi SPT tahunan, harus lampirkan pph21 pph25 dan laporan laba rugi dan neraca. saya lagi mau lapor untuk perusahaan yang tidak aktif alias nihil

    BalasHapus
  132. ALMAHALLI MUKTI31 Maret 2017 08.13

    MANTAP PAK...

    SEMOGA BERMANFAAT... SAYA MAU COBA
    SELAMA INI SAYA PAKAI KONSULTAN

    MATUR SUWEN...

    BalasHapus
  133. Pak saya bingung.. saya mau isi format spt badan tp harus berpatokan sama pph 21 dan pph 25. Laporan laba rugi dan neraca. Padahal perusahaan jasa yg saya laporkan ini untuk 2016 belum aktif alias nihil.. Yang ada cuma pengeluaran belanja peralatan kantor.. Mohon petunjuk nya pak??

    BalasHapus
  134. selamat haryanro11 April 2017 06.43

    mau tanya kalo koperasi yg bergerak di jasa penjualan sawit tu pajaknya dari mana? Dari fee/jasa dari penjualan sawit atau dari hasil pendapatan petani

    BalasHapus
  135. mau tanya buat mata kuliah...kalu modal awal operasional perusahaan ngeluarin 5jt...cara pembuatan neraca pajak gimana ya???makasih sebelumnya

    BalasHapus
  136. pak mau tanya itu contoh neraca di atas bisa buat neraca yayasan atau tidak pak ???

    BalasHapus
  137. Selamat siang,
    Mau tanya, kalau mau lapor SPT Tahunan Badan tapi pakai PP 46 caranya bagaimana ya?
    Soalnya kan sudah ga perlu memperhitungkan PPH Pasal 29
    Saya juga dapat info kalau Formulir 1771 sudah tidak perlu diisi, tapi untuk yang pakai E-SPT jika Lampiran 1771 I diisi, maka secara otomatis Formulir 1771 juga terisi.

    Trus cara agar formulir 1771 tetap kosong gimana ya?

    BalasHapus
  138. Saya baru buat badan hukum ( CV ). Gimana cara pelaporan pajaknya , CV tersebut baru ada 1 bulan dan belum ada kegiatan.
    Mohon informasinya
    tks

    BalasHapus
  139. Rika purnama sari11 Juli 2017 03.42

    Ass..
    Pak saya mau bertanya...selama terdaftar NPWP sebagai usaha perdagangan ikan.saya melaksanakan pencatatan dengan omset dibawah 4,8 M.jadi ditahun 2018 saya ingin merubah dari pencatatan ke pembukuan,jadi untuk spt tahunan 2017 nya itu laporan spt tahunannya apakah masih seperti tahun sebelumnya...???

    BalasHapus
  140. saya asumsikan npwp usaha bapak adalah orang pribadi bukan badan hukum.
    pencatatan diperbolehkan sepanjang omzet dibawah 4.8 milyar setahun , sedangkan jika diatas 4.8 milyar setahun wajib menggunakan pembukuan.

    terkait dengan kewajiban perpajakan pajak penghasilan, berdasarkan peraturan pemerintah nomor 46 tahun 2013 yang menjaid dasar perhitungan adalah omzet tahun lalu, jika omzet tahun lalu dibawah 4,8 milyar selama setahun maka tahun ini menggunakan tarif final 1% yang dikenal dengan nama pph final pasal 4 ayat 2. sementara jika omzet tahun kemarin lebih dari 4,8 milyar selama setahun, maka tahun ini menggunakan tarif pasal 17/pasal 25 undang-undang pph

    BalasHapus
  141. Permisi, salam kenal pak...

    Kalau yayasan non finansial contoh laporannya kayak gmn pak...

    Mohon pencerahannya...
    Terimakasih...

    BalasHapus
  142. Tiga tahun terahir 2014-2017 karna belum pernah laporan pajak...

    BalasHapus
  143. Pagi pak, mau tanya apakah pembetulan spt masa 2014 badan masi bisa dilaporkan, selama ini saya hanya melaporkan nihil saja. Terus terang sy minta tlg teman untuk melaporkan nihil saja dan tdk pernah diberitahu untuk segera membuat pembetulannya. saya juga tidak tahu sama sekali tentang pajak pak. Mohon bantuannya. Trims

    BalasHapus
  144. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara menghitung pajak penghasilan

Mengenal Pajak Pusat dan Pajak Daerah